Monday, May 5, 2008

FUNGSI SENI

1. Seni sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Individu.

Kebutuhan individu dibagi menjadi dua, yaitu kebutuhan fisik dan kebutuhan emosional.

a. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik
Secara fisik, manusia adalah makhluk lemah dibandingkan dengan makhluk lain. Manusia sejak lahir memerlukan perlindungan khusus dari gangguan alam, seperti dari gangguan binatang dan gangguan cuaca. Semua keperluan tersebut berkembang dari yang sangat sederhana sampai kepada yang lebih sempurna. Begiti seterusnyahingga manusia disebut makhluk berbudaya.
Untuk memenuhi kebutuhan fisik itu, seniman sangat berperan. Mereka menciptakan bentuk-bentuk yang enak dipandang dan ini merupakan kenikmatan. Pencipta bentuk-bentuk baru untuk benda pakai disebut desainer dan hasilnya disebut desain.

b. Seni sebagai pemenuhan kebutuhan emosional
Manusia dalam hidupnya selalu dikejar-kejar oleh kebutuhan untuk bernafas, makan, minum, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya yang menuntut untuk segera dipenuhi. Jika tidak, akan memiliki efek samping sampai taraf yang membahayakan. Apakah emosi merupakan tuntutan yang perlu dipenuhi? Jawaban yang pasti dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.
Emosi adalah luapan perasaan yang berupa kegembiraan, kemarahan, kesedihan, atau keharuan. Dalam seni, luapan perasaan bisa disebut sebagai ekspresi. Pelukis berekspresi dalam bentuk lukisan, penyair dalam puisi, komponis dalam bentuk lagu, dan koreografer dalam bentuk tarian. Dengan demikian kebutuhan emosional bagi seniman adalah seni. Mereka berekspresi secara aktif, sedangkan penikmat karya seni yang bukan seniman berekspresi pasif.

2. Fugsi Sosial Seni

Manusia adalah makhluk sosial yang juga mementingkan orang lain selain dirinya dalam hidup bermasyarakat. Maka seni pun bermakna sosial. Pengertian sosial adalah manusia berhubungan satu sama lainnya. Karya seni berfungsi sosial juka karya seni itu berhubungan dengan orang lain.

a. Seni sebagai media penerangan
Ada satu ungkapan yang berbunyi, "Menerangkan itu mudah, akan tetapi membuat orang itu menjadi mengerti sulit."
Seni adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat mengerti pihal lain, karena setiap orang pada dasarnya suka terhadap hiburan yang menyenangkan. Oleh karena itu, hampir setiap program pemerintah atau perusahaan selalu memakai seni sebagai alat. Misalnya poster.

b. Seni sebagai media pendidikan
Upaya pendidikan yang sudah umum dilakukan agar menyenangkan adalah seni. Di sekolah, permainan drama dapat diaplikasikan dalam pelajaran sejarah, menyanyi dan bermain musik dipakai untuk memperhalus perasaan. Sedangkan pendidikan nonformal dapat dilakukan oleh pemerintah melalui film, lagu, atau wayang.

c. Seni sebagai media agama
Tidak ada suatu agama pun yang tidak memiliki nilai seni. Membaca Al-Quran, kaligrafi, nanyian rohani, nasyid, marawis, arsitektur masjid adalah sebgai seni yang berhubungan dengan agama/ media dakwah

d. Seni sebagai media hiburan
Berekspresi merupakan peluapan perasaan atau emosi. Peluapan emosi yang menyenangkan dinamakan hiburan. Seorang seniman akan terhibur ketika berkaya dan akan lebih merasa terhibur jika karyanya dinyatakan berhasil. Demikian pula seseorang akan terhibur dengan mendengarkan musik, terhibur setelah mendengar film yang bagus, terhibur setelah melihat lukisan yang menyentuh perasaannya. Dan semuanya kembali kepada sejauh mana apresiasi seseorang terhadap karya seni.


post: tedi iskandar
imajiku@gmail.com

4 comments:

Unknown said...

Makasih yak !

Anonymous said...

Enter your comment..

EndahGaara Comeback said...

sumbernya dari buku apa ini om? hehe

Unknown said...

Nuhun jink